Tabik pun!

Terbitan majalah Edisi April 2021 ini yang memberi warna baru. Majalah Kantor Bahasa Provinsi Lampung (KBPL) yang selama ini dikenal dengan Bastera telah berubah nama menjadi Majalah Kelasa (Kelebat Bahasa dan Sastra). Perubahan nama ini tentu saja memiliki tujuan, yakni melakukan penjenamaan tunggal bagi seluruh produk layanan KBPL. Awalnya, Kelasa hanya digunakan untuk produk jurnal KBPL, tetapi kini Kelasa juga menjadi nama majalah dan siaran mandiri (siniar) KBPL yang ditayangkan melalui kanal YouTube (TV Kelasa). Perubahan ini dimaksudkan agar masyarakat lebih mudah mengetahui dan mengenali produk layanan KBPL.

Terbitan kali ini berisi reportase dan artikel-artikel menarik mengenai kebahasaan dan kesastraan. Dalam “Liputan Utama”, kita dapat menyimak “Jejak Kekayaan Rempah dalam Sastra” yang mengupas kekayaan rempah dan perdagangannya di Provinsi Lampung yang tersimpan dalam khazanah kesastraan, seperti prosa dan puisi. Sangat banyak informasi yang dapat kita petik dari studi pustaka kesastraan mengenai rempah ini yang terwujud dalam sebuah intisari.

Sementara itu, artikel-artikel lain juga menyuguhkan informasi yang sayang untuk dilewatkan. Rubrik “Pojok Lampung” pada terbitan ini akan menyusuri “Pemali dalam Adat dan Kebiasaan Lampung” yang memperlihatkan bahwa hukum adat memiliki tujuan yang baik bagi masyarakat. Di samping itu, secara eksklusif, redaksi Majalah Kelasa akan menayangkan profil Mamak Lawok, maestro sastra lisan Lampung Hahiwang, yang pada akhir 2020 lalu mendapat Anugerah Kebudayaan Indonesia. Dalam rubrik “Bincang-Bincang”, pembaca dapat berkenalan lebih dekat dengan Inggit Putria Marga, penulis puisi yang juga menjadi pemenang Kusala Sastra Khatulistiwa Tahun 2020.

Terbitan ini juga menyuguhkan naskah-naskah yang dikirimkan masyarakat ke redaksi Majalah Kelasa. Pembaca dapat menyimak rubrik “Refleksi”, “Cerita Anak”, “Cerita Pendek”, “Dongeng”, “Jendela Dunia”, dan “Resensi Buku” yang ditulis oleh mereka yang berada di luar redaksi Majalah Kelasa. Selain memberikan informasi, rubrik-rubrik ini juga menawarkan kisah-kisah menarik dan hasil perenungan yang dapat menyegarkan hati dan pikiran.

Akhir kata, kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam penerbitan majalah yang mulanya bernama Bastera dan kini akan mengarungi bahtera baru dalam payung nama Majalah Kelasa. Harapan kami, perubahan nama ini akan membawa semangat baru dan kesegaran, baik bagi redaksi maupun masyarakat, sehingga menjadi produk keluaran KBPL yang bernas nan bermanfaat dalam bidang kebahasaan dan kesastraan. Selamat membaca!